Beranda » Kumpulan Pos » Simak, Ini 7 Jenis Sertifikat Yang Bisa Kamu Lampirkan Untuk SNMPTN!

Simak, Ini 7 Jenis Sertifikat Yang Bisa Kamu Lampirkan Untuk SNMPTN!

Jenis sertifikat yang bisa kamu lampirkan untuk SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), memang tak sedikit ragamnya. Namun, bukan berarti semua koleksi sertifikatmu boleh untuk dilampirkan di file yang akan dikirim. Terdapat aturan yang membatasi jenis sertifikat tersebut, yang tentu harus kamu taati.

Lantas, sertifikat yang bisa kamu lampirkan untuk SNMPTN nanti apa saja sih ragamnya? Penasaran? Simak ulasan singkat berikut ini hingga tuntas, ya!

1. Sertifikat Olimpiade Sains Nasional (OSN), Jenis Sertifikat Yang Bisa Kamu Lampirkan Untuk SNMPTN Dari Mata Lomba Akademik

Bila kamu lampirkan, sertifikat OSN dapat menambah bobotmu diantara sekian banyak peserta lain. Terlebih, bila sertifikat OSN yang kamu lampirkan sudah menembus ajang Nasional. Dengan level tadi, Kamu tidak perlu lagi menggunakan sertifikat OSN mu yang levelnya masih di jenjang Kabupaten/Kota, ya! Lebih baik sisa slot lampiran tersebut kamu gunakan untuk melampirkan sertifikat penunjang yang lain.

2. Sertifikat Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Jenis Sertifikat Yang Bisa Kamu Lampirkan Untuk SNMPTN Dari Mata Lomba Olahraga

O2SN, merupakan cara lain untuk berprestasi bagi kamu yang memiliki bakat di kejuaraan olahraga. Hampir sama dengan sertifikat OSN, sertifikat O2SN ini juga dapat menambah bobotmu di SNMPTN nanti bila kamu lampirkan. Karena prinsipnya O2SN ini mirip dengan OSN, maka kamu cukup melampirkan sertifikat kemenangan, diajang paling tinggi yang kamu miliki. Cukup mudah untuk dimengerti kan?

3. Sertifikat Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Jenis Sertifikat Yang Bisa Kamu Lampirkan Untuk SNMPTN Dari Mata Lomba Seni

Kamu siswa yang berjiwa seni? Memiliki sertifikat juara dari ajang festival dan lomba seni siswa Nasional? Kalau begitu, jangan lupa untuk melampirkan sertifikat juara yang telah kamu raih dari ajang tersebut ya! Pastikan bahwa kemenanganmu di ajang lomba di bidang seni dan budaya tersebut memberikan manfaat lebih dari sekedar piala dan gelar juara.

4. Sertifikat Kompetisi Debat, Cerdas Cermat Tingkat Nasional dan Internasional

Untuk sertifikat ini, kamu hanya boleh melampirkannya saat sudah menjuarai ajang lomba Nasional ataupun Internasional. Perjuangan menang memang tidak mudah. Namun, hasilnya tentu cukup sepadan bukan?

5. Sertifikat Keahlian Khusus, Jenis Sertifikat Yang Bisa Kamu Lampirkan Untuk SNMPTN Saat Kamu Memang Memiliki Kompetensi

Siswa SMK yang memiliki sertifikat keahlian juga tidak perlu berkecil hati. Sebab, sertifikat yang kamu miliki tersebut, dapat kamu lampirkan saat mengumpulkan berkas SNMPTN nanti. Sebelum melampirkan berkas, pastikan bahwa sertifikat keahlian tersebut masih bersifat aktif ataupun valid. Hal tersebut juga demi mempermudah langkahmu kedepan, bilamana nanti sertifikat tersebut dikroscek oleh panitia.

6. Sertifikat Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI)

Lomba Karya Tulis Ilmiah, biasanya berupa perlombaan menulis essay atau sejenisnya. Di momen-momen tertentu, biasanya beberapa kampus baik swasta, negeri, hingga Kemdikbud memang menyelenggarakan perlombaan ini secara rutin. Namun, bila ingin melampirkan sertifikat lomba yang satu ini, kamu harus menjadi juara terlebih dahulu ya! Tidak cukup sekedar menjadi peserta yang mencapai semifinal saja! Semangat!

7. Sertifikat Lomba Karya Ilmiah Remaja

Bila sebelumnya Lomba Karya Tulis Ilmiah kerap kali diselenggarakan oleh kampus hingga Kemdikbud, ajang lomba karya ilmiah remaja ini biasa diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Di ajang ini, terdapat beberapa bidang keilmuan yang dilombakan. Diantaranya Ilmu Pengetahuan Hayati, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan, Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Kelautan, serta Ilmu Pengetahuan Teknik. Cukup beragam bukan?

Oke, itulah tadi 7 jenis sertifikat yang bisa kamu lampirkan untuk SNMPTN nanti. Masih memiliki waktu untuk mengumpulkan sertifikat? Jangan ragu untuk ikut serta dalam kompetisi-kompetisi bergengsi tersebut ya! Semoga artikel yang kami sampaikan kali ini bermanfaat, sampai jumpa lagi lain waktu!

0Shares

Muhammad Fadillah Arsa, S.Kom.

Founder Digidik Bimbel Online Gratis. Alumni Teknik Informatika Universitas Padjadjaran.

Post navigation

📨 Kirim Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau Jadi Digitalpreuner? Yuk Kuliah Bisnis Digital!

10 Jurusan Kuliah untuk Anak IPS

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah S1 Gratis di Indonesia