Beranda » Kumpulan Pos » 10 Jurusan Kuliah untuk Anak IPS

10 Jurusan Kuliah untuk Anak IPS

Halo, semuanya! Gimana kabarnya? Semoga baik-baik saja ya. Apalagi sedang marak penyebaran COVID-19 jenis baru yaitu Omicron. Tentunya hal ini menjadi perhatian bagi kita semua karena kita tidak akan mau terkena virus tersebut. Bagi yang pernah terserang virus tersebut, pasti sudah merasakan betapa sulitnya melakukan aktifitas. Jadi, semoga kita semua dijauhkan dari penyakit-penyakit buruk ya!

Nah di sini ada yang masih berada di bangku sekolah? Kita akan membahas materi yang sangat menarik yaitu mengenai jurusan kuliah untuk anak IPS! Siapa yang sekarang sekolahnya jurusan IPS? Atau mungkin ada yang dari jurusan IPA ingin kuliah jurusan IPS? Apakah itu mustahil? Tentu tidak. Di dunia perkuliahan ada sebutan “lintas jurusan” dimana kita bisa mengambil jurusan perkuliahan yang berbeda dari jurusan kita saat ini. Lalu apa saja sih jurusan kuliah untuk anak IPS? Yuk kita simak tulisan “10 Jurusan Kuliah untuk Anak IPS” berikut ini!

1. Manajemen dan Bisnis

Di sini siapa yang cita-citanya jadi entrepreneur? Jurusan ini sangat cocok buat kamu yang mau jadi entrepreneur, lho. Sesuai dengan nama jurusannya: Manajemen dan Bisnis, jurusan ini mengajarkan banyak hal berkaitan dengan bisnis, ekonomi, keuangan, dan lain sebagainya. Jurusan ini masuk ke rumpun Soshum jadi bagi kamu yang merupakan anak IPS maka bisa masuk jurusan ini, ya. Lalu bagaimana dengan yang jurusan IPA? Apakah tetap bisa masuk? Tentu bisa, tapi harus lintas jurusan. Kemudian jangan lupa riset kriteria apa saja bagi yang ingin lintas jurusan ya.

2. Hubungan Internasional

Jurusan ini adalah jurusan yang sangat populer bahkan menjadi jurusan paling diminati oleh anak IPS. Yup, betul jurusan Hubungan Internasional menjadi incaran karena prospek kerjanya yang luas bahkan bisa membawa kita bekerja di embassy. Wah, siapa yang tidak mau jadi perwakilan Indonesia di luar negeri? Pasti mau, lah!

3. Ilmu Komunikasi

Salah satu jurusan IPS ini adalah jurusan yang cukup populer. Kenapa? Karena pada jurusan ini kita diajarkan hal dasar bagi mahluk hidup yaitu komunikasi, seperti public speaking, menulis, fotografi, bahkan membuat iklan juga diajarkan, lho!

4. Psikologi

Siapa yang mau jadi psikolog? Yuk merapat! Jurusan psikologi ini sangat populer karena pada jurusan ini kamu akan diajarkan untuk memahami perilaku manusia. Tentunya sangat bisa diaplikasikan di kehidupan nyata. Selain itu, prospek kerja jurusan psikolog sangat luas karena dibutuhkan di berbagai bidang.

5. Ilmu Hukum

Salah satu jurusan yang populer dari IPS adalah Ilmu Hukum. Siapa yang mau jadi pengacara? Atau hakim? Tentu bisa masuk ke jurusan hukum terlebih dahulu agar bisa mempelajari dasar dari ilmu hukum itu sendiri.

6. Akuntansi

Akuntansi adalah jurusan yang peminatnya cukup tinggi karena prospek kerjanya yang terbilang luas. Bahkan jika sudah menjadi ahli akuntan, maka pendapatan bisa sangat tinggi, lho! Jadi bisa jadi pertimbangan ke depannya ya.

7. Sastra

Jurusan Sastra ada beragam. Jurusan Sastra paling populer adalah Sastra Inggris. Tentunya karena Bahasa Inggris adalah bahasa universal, selain itu kesempatan untuk bekerja dan melanjutkan hidup di luar negeri ‘pun tinggi.

8. Ilmu Politik

Siapa yang cita-citanya jadi Presiden? Salah satu cara untuk mencapai impian tersebut adalah masuk jurusan Ilmu Politik. Pada jurusan ini kamu akan diajarkan mengenai HAM, Sosiologi, Antropologi, dan lain sebagainya.

9. Kriminologi

Jurusan kriminologi menjadi perhatian banyak orang karena kita bisa mempelajari mengenai fenomena kejahatan seperti penyebab, dampak, dan penanggulangannya. Prospek kerjanya pun luas, kita bisa bekerja di KPK, BIN, BNN, Komnas HAM, dan badan negara lainnya yang membutuhkan orang-orang dari jurusan Kriminologi.

10. Pariwisata

Siapa yang suka jalan-jalan? Nah jurusan Pariwisata bakal jadi jurusan tercocok buat kamu! Setelah lulus dari jurusan ini kamu bisa menjadi tour guide, hotelier, bahkan pengusaha.

Wah, ternyata ada banyak juga ya jurusan untuk anak IPS. Selain itu semua jurusan memiliki prospek kerja yang luas. So, sudahkah kamu tentukan jurusanmu? Semoga tulisan ini bermanfaat ya.

0Shares

Muhammad Fadillah Arsa, S.Kom.

Founder Digidik Bimbel Online Gratis. Alumni Teknik Informatika Universitas Padjadjaran.

Post navigation

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau Jadi Digitalpreuner? Yuk Kuliah Bisnis Digital!

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah S1 Gratis di Indonesia

Simak, Ini 7 Jenis Sertifikat Yang Bisa Kamu Lampirkan Untuk SNMPTN!