Beranda » Kumpulan Pos » Mau Jadi Digitalpreuner? Yuk Kuliah Bisnis Digital!

Mau Jadi Digitalpreuner? Yuk Kuliah Bisnis Digital!

Digitalpreneur belakangan menjadi istilah yang tidak lagi asing di telinga banyak orang. Pesatnya perkembangan dunia digital telah menciptakan beragam profesi baru di industri teknologi, dan digitalpreneur adalah salah satunya. Merupakan gabungan dari kata digital dan entrepreneur, semakin populernya ecommerce dan merajalelanya online shop membuat perkembangan bisnis digital semakin pesat.

Adanya pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020 pun mau tidak mau mempercepat proses digitalisasi bisnis sehingga memaksa banyak pelaku bisnis melakukan perubahan manajemen dari konvensional ke digital. Sayangnya, menjalankan bisnis online tidak semudah yang dibayangkan karena ada beberapa ilmu tertentu yang perlu dikuasai. Mengingat begitu banyak peluang luar biasa di masa depan, ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk kuliah bisnis digital.

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah Bisnis Digital

Jika kamu tertarik dengan bisnis online atau memiliki cita-cita mendirikan startupdigital, simak ulasan berikut untuk mendapatkan informasi lebih dalam terkait kuliah bisnis digital!

1. Prospek yang Menjanjikan Melalui Kuliah Bisnis Digital

Termasuk dalam rumpun ilmu terapan, jurusan atau program studi bisnis digital secara umum mempelajari bagaimana proses merancang suatu bisnis digital. Kamu akan mempelajari perpaduan berbagai bidang ilmu mulai dari bisnis, manajemen, sistem informasi, hingga teknik informatika. Meski belum sepopuler jurusan-jurusan mainstream yang selama ini banyak menjadi incaran seperti arsitektur, hukum, statistika, psikologi, dan sebagainya, kuliah bisnis digital perlahan mulai dilirik. Hidup di era digital dan tidak bisa lepasnya manusia dari teknologi membuat prospek kuliah bisnis digital ke depannya sangat besar, telebih saat ini kebutuhan sumber daya manusia yang menguasai bidang startup digital dan marketplace cukup tinggi.

2. Beragam Bidang Ilmu yang Menarik

Ada banyak bidang ilmu menarik berkatian dengan pembelajaran bisnis dengan teknologi digital yang akan kamu pelajari, seperti ecommerece, user experience, keamanan cyber, pengembangan web, big data, artificial intelligence, dan masih banyak lagi. Kamu juga akan mempelajari bagaimana memanfaatkan media sosial maupun sistem digital lainnya untuk melakukan pemasaran secara online. Semua ilmu tersebut tentunya akan membuatmu mampu bertahan dan dapat mengatasi berbagai perubahan serta tantangan di dunia digital ke depannya.

3. Cocok untuk Kamu yang Punya Ketertarikan dengan Dunia Bisnis Digital

Selain memiliki ketertarikan dengan dunia bisnis digital, secara umum berkuliah di jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki kepribadian teliti, kritis, senang mengobservasi, menghitung, dan menganalisis, serta terampil dalam hal komunikasi. Namun, kamu tidak perlu khawatir jika dari beberapa kepribadian tersebut ada yang tidak sesuai dengan dirimu. Selama bersungguh-sungguh dan memiliki keinginan kuat untuk belajar, kamu tetap bisa mencoba untuk kuliah bisnis digital.

4. Beragam Pilihan Karir Setelah Lulus Kuliah

Setelah lulus, kamu memiliki banyak peluang dalam hal karir. Jika ingin memulai karir dengan bekerja di perusahaan, kamu bisa bekerja di berbagai macam industri dengan pilihan posisi yang beragam seperti konsultan bisnis, analis data, analis sistem, hinga bekerja di salah satu ecommerce terkemuka. Kamu juga bisa membuka lapangan pekerjaan dengan merintis bisnis online maupun mendirikan startup digital.

Meski memiliki angka peminat yang cukup tinggi, masih seikitnya perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang memiliki jurusan bisnis digital membuat kamu harus melalui persaingan yang ketat untuk bisa kuliah di jurusan tersebut. Namun demi peluang masa depan yang menjanjikan, tidak ada salahnya kamu berusaha sebaik mungkin. Selamat berusaha dan bersiaplah menjadi bagian dari Revolusi Industri 4.0!

Referensi

  • https://umt.ac.id/2021/07/07/jurusan-kekinian-bisnis-digital-bagaimana-peluang-masa-depannya/
  • https://islamicdigitalpreneur.com/apa-itu-digital-entrepreneur/
  • https://edukasi.kompas.com/read/2020/01/19/15000021/mengenal-jurusan-bisnis-digital-ini-mata-kuliah-dan-prospek-kariernya
0Shares

Muhammad Fadillah Arsa, S.Kom.

Founder Digidik Bimbel Online Gratis. Alumni Teknik Informatika Universitas Padjadjaran.

Post navigation

📨 Kirim Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Simak, Ini 7 Jenis Sertifikat Yang Bisa Kamu Lampirkan Untuk SNMPTN!

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah S1 Gratis di Indonesia

10 Jurusan Kuliah untuk Anak IPS