Beranda » Kumpulan Pos » Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah S1 Gratis di Indonesia

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah S1 Gratis di Indonesia

Berburu beasiswa S1 adalah hal yang harus dilakukan oleh mahasiswa setidaknya sekali seumur hidup. Hal ini lantaran terdapat banyak beasiswa yang ditawarkan kepada mahasiswa. Mulai dari beasiswa prestasi, beasiswa tidak mampu, beasiswa kerja, beasiswa penelitian, dan lainnya. Setiap mahasiswa punya peluang untuk mendapatkan beasiswa.

Namun memang mendapatkan beasiswa itu tidak mudah. Ada hal-hal yang harus dipenuhi supaya mahasiswa bisa lolos mendapatkan beasiswa, terutama beasiswa S1 gratis yang fully funded. Lalu bagaimanakah cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis di Indonesia.

Dalam artikel berikut ini, akan disajikan 5 cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis. Cara ini harus dilakukan secara berurutan dan dikerjakan dengan seksama agar bisa tembus beasiswa. Simak baik-baik ya!

1. Cari Informasi Beasiswa

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari informasi beasiswa. Kamu bisa mencarinya langsung di papan pengumuman kampus, mencari informasinya di website penyedia beasiswa, atau setidaknya mengikuti akun instagram atau media sosial lainnya yang menginfokan beasiswa.

Disarankan untuk tidak melamar beasiswa di 1 tempat saja. Melainkan perbanyaklah lamar beasiswa di berbagai tempat.  Jadi kamu harus merangkum setidaknya 5 tempat beasiswa untuk kamu lamar. Kamu harus memperbanyak peluang untuk memperbesar kemungkinan.

2. Siapkan Berkas dan Lengkapi

Pastikan kamu harus menyiapkan berkas dengan rapi. Dikarenakan kamu akan melamar beasiswa di banyak tempat, maka sebaiknya kamu sudah menyiapkan file-file tersebut secara rapi supaya tidak ada yang ketinggalan.

Kalaupun ada persyaratan yang belum kamu penuhi seperti permintaaan nilai TOEFL atau nilai IELTS, maka harus dilengkapi terlebih dahulu. Tenang saja, dokumen tersebut bisa kamu gunakan berkali-kali bila hendak melamar beasiswa.

3. Membuat Motivation Letter

Penyedia beasiswa menghendaki mahasiswa penerima beasiswa adalah orang yang dapat membangun masa depan. Maka dari itu mereka membidik mahasiswa berprestasi, berbakat, dan aktif untuk diberikannya bantuan selama kuliah.

Biasanya mahasiswa akan diminta untuk membuat motivation letter. Motivation letter adalah sebuah narasi yang berisi harapan, visi, dan misi mahasiswa di masa depan. Dari motivation letter tersebut, pemberi beasiswa bisa menentukan siapa yang berhak mendapatkan beasiswa.

4. Aktif Berorganisasi

Berburu beasiswa tidak hanya dilakukan sekejap saja, melainkan harus dilakukan selama berkuliah. Sebab, peluang beasiswa bisa didapatkan saat semester 3, 4, 5, 6, 7, 8 atau saat S2 dan S3. Jadi mahasiswa harus menjadi berprestasi selama kuliah.

Alangkah lebih baik bila mahasiswa rajin ikut organisasi atau lomba-lomba. Sertifikat dan pengalaman tersebut bisa menjadi tabungan berkas beasiswa. Bila berorganisasi, usahakanlah untuk menjadi ketua organisasi atau ketua komunitas. Bila ikut lomba, usahakan untuk menjadi juara 1 di tingkat provinsi, nasional, hingga internasional.

5. Cek Ulang Saat Pendaftaran

Banyak yang tergelincir saat hendak melakukan pendaftaran. Ada yang berkasnya salah upload, ada yang uploadnya sangat mepet dengan waktu penutupan, dan lainnya. Maka dari itu siapkanlah dengan benar saat hendak mendaftar beasiswa.

Perhatikan berkas apa saja yang dibutuhkan, pendaftaran melalui apa dan ditutup kapan. Jadi mahasiswa tidak mengalami kekeliruan saat mendaftar. Pastikan langkah terakhir ini benar-benar dijalankan dengan baik dan penuh hati-hati.

Itulah 5 cara mendapatkan beasiswa bagi mahasiswa yang hendak mencari beasiswa gratis selama kuliah S1. Mudah, bukan? Yang penting telaten dan sabar, maka hasil akan didapat. Yakinlah peluang beasiswa itu besar dan kamu pasti akan mendapatkannya tepat pada waktunya.

Kata kunci: Beasiswa Kuliah S1, Beasiswa Kuliah S1 di Indonesia, Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah S1, Cara Mendapatkan Kuliah S1 Gratis

0Shares

Muhammad Fadillah Arsa, S.Kom.

Founder Digidik Bimbel Online Gratis. Alumni Teknik Informatika Universitas Padjadjaran.

Post navigation

📨 Kirim Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 Jurusan Kuliah untuk Anak IPS

Mau Jadi Digitalpreuner? Yuk Kuliah Bisnis Digital!

Simak, Ini 7 Jenis Sertifikat Yang Bisa Kamu Lampirkan Untuk SNMPTN!